Cara Mempromosikan Produk, Usaha, Bisnis dan Pengembangannya

Ada yang mengatakan bahwa membangun sebuah usaha terutama yang akan saya bahas adalah usaha menengah kebawah adalah gampang-gampang susah. Selain memerlukan modal yang cukup, kelangsungan usaha merupakan faktor yang paling utama yang jadi beban bagi kita yang ingin memulai suatu usaha atau bisnis.

cara promosi bisnis


Banyak kita lihat beberapa contoh usaha menengah kebawah atau usaha kecil disekeliling kita. Mulai dari pertokoan sampai usaha rumahan. Mulai dari kerajinan rumah tangga sampai dengan membuat produk makanan ringan. Dan bisa kita pastikan konsumen usaha mereka 90% adalah masyarakat sekitar atau masyarakat kota setempat. Dan perkembangan usaha yang kita bangun tentunya memakan waktu yang cukup lama. Ditambah tingkat persaingan dari pesaing usaha yang sama disekitar kita.

Dengan keadaan tingkat persaingan seperti di atas, kita tidak menyadari bahwa tingkat produktifitas yang dihasilkan umumnya merata. Jumlah barang yang dibuat merata. Omset yang didapat juga merata. Dan tanpa disadari cenderung kian hari kian menurun. Ibarat sebuah lingkaran, lingkaran ini susah untuk membesar dan cenderung akan mengecil. Butuh tindakan untuk hal ini.

Untuk memperbesar lingkaran yang kita misalkan sebagai produktifitas dan omset atau hasil usaha ini, perlu dilakukan beberapa tindakan dan usaha yang butuh kesabaran. Karena kita mengharapkan bahwa konsumen produk atau usaha yang dirintis bukan hanya berasal dari masyarakat kota setempat, tetapi bisa sampai keluar kota bahkan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bisa dibayangkan berapa besar tingkat daya beli usaha kita bila tindakan ini berhasil. Jalan satu-satunya adalah mempromosikan usaha atau produk yang kita bangun selama ini.

Ada  beberapa tindakan yang bias kita lakukan untuk meningkatkan usaha yang kita bangun, antara lain :

1. Promosi usaha dan barang melalui Media Sosial.

Promosi usaha melalui media sosial memang tergolong banyak dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah. Selain tidak memerlukan biaya dalam berpromosi, juga dapat meningkatkan daya beli dengan meningkatnya jumlah konsumen dari media social ini. Dengan menampilkan foto Produk dan barang yang kita miliki, kita sudah memperkenalkan produk dan usaha kita ke pengguna media sosial.



Kita bisa menggunakan facebook dengan bergabung dengan group bisnis, twitter dan juga Google +(plus). Di Google+ kita juga bisa bergabung dengan komunitas bisnis Indonesia ataupun yang mendunia. Dengan sedikit deskripsi dan detail barang yang kita miliki kita sudah memperkenalkan barang dan produk yang kita miliki.

2. Promosi usaha dan barang melalui Iklan.

Tindakan ini tergolong sangat efektif dalam mempromosikan produk dan usaha yang dimiliki. Pemasangan iklan di surat kabar, blog atau website terkenal, TV dan radio salah satunya juga dibutuhkan dalam tindakan ini.

Tindakan pemasangan iklan ini selain memerlukan biaya kita juga harus pandai memberikan deskripsi dan detail tentang produk usaha yang dimiliki. Karena iklan mempunyai ruang dan waktu yang terbatas dalam penayangannya.

3. Promosi Usaha dan barang melalui Blog Toko Online

Tindakan promosi ini boleh dibilang sangat efektif. Kalangan produsen dan usaha bisa memperkenalkan seluruh usaha dan produknya di muat di blog toko online yang dibuat. Dengan layanan online ini, pengunjung blog akan dapat melihat satu persatu produk yang ditampilkan. Mereka bisa memilih apa yang mereka inginkan. Tentunya dengan pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah merupakan pasar yang besar dalam bidang usaha.

Mungkin masih banyak tindakan-tindakan yang dapat mengembangkan usaha dan produk bisnis yang ditekuni. Untuk tambahan-tambahan lainnya rekan semua bisa menambahkannya di kotak komentar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.